Review Jurnal



Postingan kali ini adalah contoh me-review sebuah jurnal.
Jurnal dapat di download disini!!

 
JUDUL
TOTAL QUALITY MANAGEMENT, BUDAYA ORGANISASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. PLN AREA SULUTTENGGO MANADO
JURNAL
Jurnal EMBA
VOLUME & HALAMAN
Vol.1 No.4, Hal. 2097-2106
TAHUN
Desember 2013
PENULIS
Jevon Dauhan


REVIEWER
Linda Listiana
TANGGAL REVIEW
14 April 2016
TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk mengetahui:
1. Pengaruh Total Quality Managementdan Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Manajerial pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo.
2. Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo.
3. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Manajerial PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo.
METODE PENELITIAN

JENIS PENELITIAN

SUBJEK PENELITIAN



TEKNIK PENGUMPULAN
DATA

ANALISIS DATA



Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif.

Subjek penelitian ini adalah manajer yang ada di PT. PLN (Persero) wilayah Suluttenggo, yang berjumlah 30 orang terdiri dari 20 manajer dan 10 deputi manajer dan semuanya dijadikan sampel berdasarkan metode sampel total.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Kuesioner diberikan pada 30 manajer yang terdiri dari 10 manajer dan 20 deputi manajer.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis linear berganda dengan menggunakan formula menurut Santosa dan Ashari (2005:144):
Y = α +β1X1 + β2X2 + e
Dimana : X1 = Total Quality Management
α = Konstanta
X2 = Budaya Organisasi
β1,2 = Koefisien Regresi
e = error
Y = Kinerja Manajerial
DEVINISI OPERASIONAL
VARIABEL PENELITIAN

VARIABEL DEPENDEN





Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah kinerja manajerial.
Wibowo (2007:9) menyatakangaya manajemen dalam mengelola sumbedaya yang berorientasi pada kinerja yang melakukan proses komunikasi secara terbuka dan berkelanjutan dengan menciptakan visi bersama dan pendekatan strategis serta terpadu sebagai kekuatan pendorong untuk mencapai tujuan organisasi.
Hasibuan(2006:94) menayatakan kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.
CARA & ALAT MENGUKUR VARIABEL DEPENDEN
Cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap kinerja para manajerial PT LPN.
Alat mengukur yang digunakan adalah kuisioner.
DEVINISI OPERASIONAL VARIABEL INDEPENDEN
Variabel Independen dalam penelitian ini adalah budaya organisasi.
Luthans (2006:278) menyatakan bahwa budaya organisasi sebagai pola asumsi dasar diciptakan, ditemukan atau dikembangkan oleh kelompok tertentu saat mereka menyesuaikan diri dengan masalah - masalah eksternal dan integrasi internalyang telah bekerja cukup baik serta dianggap berharga, dan karena itu diajarkan pada anggota baru sebagai cara yang benar untuk menyadari, berpikir, dan merasakan hubungan dengan masalah tersebut. Robbins (2003:525) menyatakan budaya organisasi merupakan suatu sistem nilai yang dipegang dan dilakukan oleh anggota organisasi lainnya.
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN
Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
Langsung memberikan kuisioner kepada manajer yang bersangkutan.
HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian menunjukkan bahwaTQM dan Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa penerapan TQM di PT. PLN sudah berjalan baik, dan Budaya Organisasi yang ada selama ini sudah kondusif dalam upaya untuk meningkatkan kinerja di perusahaan.
Variabel Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Manajerial sehingga hipotesis ini teruji kebenarannya. Hal ini ditujukan dengan hitungan pada antara Budaya Organisasi sebesar 2.416 dengan tingkat signifikan sebesar 0,187 (>5%). Hasil penelitian ini mendukung penelitian yang dilakukan oleh Effendi, Herdiansyah, Lalande (2012) dengan judul Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kinerja di Perusahaan Konsultasi Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan.
KEKUATAN PENELITIAN
Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuisionaer cukup mudah digunakan oleh siapa subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan  waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
KELEMAHAN PENELITIAN

REKOMENDASI HASIL PENELITIAN
Jurnal ini menarik dilanjutkan namun tidak hanya di Manado saja, peningkatan kenerja juga bisa di terapkan pda PT. PLN lainnya.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 komentar: