Postingan kali ini adalah contoh me-review sebuah jurnal.
Jurnal dapat di download disini!!
JUDUL
|
TOTAL
QUALITY MANAGEMENT, BUDAYA ORGANISASI
PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. PLN AREA SULUTTENGGO MANADO
|
JURNAL
|
Jurnal EMBA
|
VOLUME & HALAMAN
|
Vol.1 No.4, Hal.
2097-2106
|
TAHUN
|
Desember 2013
|
PENULIS
|
Jevon
Dauhan
|
REVIEWER
|
Linda Listiana
|
TANGGAL REVIEW
|
14 April 2016
|
TUJUAN PENELITIAN
|
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk
mengetahui:
1. Pengaruh Total Quality Managementdan Budaya Organisasi
secara bersama-sama terhadap Kinerja Manajerial pada PT. PLN (Persero)
Wilayah Suluttenggo.
2. Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja
Manajerial PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo.
3. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Manajerial PT.
PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo.
|
METODE PENELITIAN
JENIS PENELITIAN
SUBJEK PENELITIAN
TEKNIK PENGUMPULAN
DATA
ANALISIS DATA
|
Jenis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah manajer yang ada di PT. PLN
(Persero) wilayah Suluttenggo, yang berjumlah 30 orang terdiri dari 20
manajer dan 10 deputi manajer dan semuanya dijadikan sampel berdasarkan
metode sampel total.
Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Kuesioner diberikan pada 30 manajer yang terdiri dari 10
manajer dan 20 deputi manajer.
Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis
linear berganda dengan menggunakan formula menurut Santosa dan Ashari
(2005:144):
Y
= α +β1X1 + β2X2 + e
Dimana
: X1 = Total Quality Management
α
= Konstanta
X2
= Budaya Organisasi
β1,2
= Koefisien Regresi
e
= error
Y
= Kinerja Manajerial
|
DEVINISI OPERASIONAL
VARIABEL PENELITIAN
VARIABEL DEPENDEN
|
Variabel Dependen dalam
penelitian ini adalah kinerja manajerial.
Wibowo
(2007:9) menyatakangaya manajemen dalam mengelola sumbedaya yang berorientasi
pada kinerja yang melakukan proses komunikasi secara terbuka dan
berkelanjutan dengan menciptakan visi bersama dan pendekatan strategis serta
terpadu sebagai kekuatan pendorong untuk mencapai tujuan organisasi.
Hasibuan(2006:94)
menayatakan kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam
melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya didasarkan atas kecakapan,
pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.
|
CARA & ALAT
MENGUKUR VARIABEL DEPENDEN
|
Cara yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap kinerja para manajerial PT
LPN.
Alat mengukur yang
digunakan adalah kuisioner.
|
DEVINISI OPERASIONAL
VARIABEL INDEPENDEN
|
Variabel Independen
dalam penelitian ini adalah budaya organisasi.
Luthans
(2006:278) menyatakan bahwa budaya organisasi sebagai pola asumsi dasar
diciptakan, ditemukan atau dikembangkan oleh kelompok tertentu saat mereka
menyesuaikan diri dengan masalah - masalah eksternal dan integrasi
internalyang telah bekerja cukup baik serta dianggap berharga, dan karena itu
diajarkan pada anggota baru sebagai cara yang benar untuk menyadari,
berpikir, dan merasakan hubungan dengan masalah tersebut. Robbins (2003:525)
menyatakan budaya organisasi merupakan suatu sistem nilai yang dipegang dan
dilakukan oleh anggota organisasi lainnya.
|
LANGKAH-LANGKAH
PENELITIAN
|
Langkah-langkah yang
digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
Langsung memberikan
kuisioner kepada manajer yang bersangkutan.
|
HASIL PENELITIAN
|
Hasil penelitian menunjukkan bahwaTQM dan Budaya
Organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan
maupun parsial terhadap kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero). Hasil temuan ini
menunjukkan bahwa penerapan TQM di PT. PLN sudah berjalan baik, dan
Budaya Organisasi yang ada selama ini sudah kondusif dalam upaya untuk
meningkatkan kinerja di perusahaan.
Variabel
Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja
Manajerial sehingga hipotesis ini teruji kebenarannya. Hal ini ditujukan
dengan hitungan pada antara Budaya Organisasi sebesar 2.416 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,187 (>5%). Hasil penelitian ini mendukung penelitian
yang dilakukan oleh Effendi, Herdiansyah, Lalande (2012) dengan judul
Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kinerja di Perusahaan
Konsultasi Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan.
|
KEKUATAN PENELITIAN
|
Kekuatan penelitian ini
adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuisionaer cukup mudah
digunakan oleh siapa subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya
tidak dibutuhkan waktu yang lama
seperti pada metode kualitatif.
|
KELEMAHAN PENELITIAN
|
|
REKOMENDASI HASIL
PENELITIAN
|
Jurnal ini menarik
dilanjutkan namun tidak hanya di Manado saja, peningkatan kenerja juga bisa
di terapkan pda PT. PLN lainnya.
|
wew keren loh :D
BalasHapus