MINUMLAH AIR PUTIH YANG BERKUALITAS, BERSIH DAN DALAM CUKUP JUMLAHNYA

Air merupakan materi kehidupan, rajanya minuman bahkan termasuk salah satu pilar alam semesta ini, bahkan merupakan pilarnya yang paling mendasar. Karena langit diciptakan dari uap air, sementara bumi terdapat dari buah air. Allah telah menciptakan sesuatu yang hidup dari air. Air bersifat dingin dan lembab, bisa meredam panas, menjaga kondisi tubuh agar tetap lembab serta menggantikan sel-sel tubuh yang rusak disamping juga melembutkan makanan sehingga mampu menembus pembuluh darah.

Air berkualitas merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik kimia, fisika, dan biologi dari air, untuk tujuan tertentu. Bukan hal yang mudah untuk mengatakan bahwa 'air ini baik' atau 'air itu buruk'. Bisa jadi hal itu tergantung penggunaan, misalnya air baik untuk mencuci mobil, tapi jelas tidak higienis untuk dokter yang melakukan operasi.

Untuk menentukan kualitas air para ilmuwan pertama kali mengukur dan menganalisa karakteristik air tersebut. Misalnya suhu, kandungan mineral terlarut, dan jumlah bakteri. Karakteristik yang dipilih kemudian dibandingkan dengan standar numerik dan pedoman untuk memutuskan apakah air cocok untuk penggunaan tertentu.

Pentingnya air putih bagi kehidupan manusia sudah tidak terbantahkan lagi. Tidak terhitung jumlahnya kita mengonsumsi air putih, tetapi tidak banyak orang yang menyadari bahwa air menyimpan banyak sekali rahasia dan keajaiban. Mungkin kita sendiri tidak pernah terfikir dan berfikir bahwasannya air putih yang kita konsumsi itu berkualitas atau tidak. Berikut ini akan kami bahas fakta mengenai kualitas air dan rahasia keajaibannya yang terkandung di dalamnya.

Ternyata kualitas air di satu tempat dengan tempat yang lainnya tidaklah sama, Hal tersebut bukan disebabkan oleh jenis atau canggih tidaknya pengolahan air, namun dari mana air itu berasal.

Kualitas air oleh ilmuwan Jepang, Dr. Masaru Emoto dibedakan dari hasil foto kristal air. Foto kristal air pada suhu -25 derajat celcius dan difoto dengan alat foto berkecepatan tinggi. Dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Massaro Emoto -- dalam bukunya The True Power of Water -- air yang berasal dari keran sama sekali tidak membentuk kristal, sedangkan air alami atau air murni dapa membentuk kristal. Kristal indah dari air alami ini mengelompol, coraknya keluar begitu bebasnya dengan bentuk persegi enam.
Karena itu, air yang paling baik untuk kesehatan adalah air alami yang keluar dari tanah yang sudah disaring secara alami oleh bumi. Sementara air keran sebagai contoh yang diambil dari salah satu kantor Tokyo hasilnya tidak membentuk krista, berbeda dengan  air alami. Berdasarkan penelitian itu dapat disimpulkan bahwa kualitas air keran di Tokyo tidak bagus karena tidak satu pun dari sampel air tersebut yang membentuk kristal.

Sementara itu, berdasarkan penelitiannya juga terhadap air keran yang dilakukan di Kota Katano, daerah sebelah selatan Osaka dekat perbatasan antara Kyoto dan Nara, dapat membentuk kristal-kristal yang indah, karena ternyata 60 persen air keran tersebut adalah berasal dari air tanah.

BERIKUT ADALAH BEBERAPA HAL MENGENAI AIR YANG PERLU ANDA KETAHUI:

1. Air memiliki ingatan
Masaru Emoto, ilmuwan Jepang yang bertahun-tahun meneliti air mengatakan bahwa air menyimpan memori dan berubah kualitasnya sesuai informasi yang ia terima. Bentuk-bentuk kristal molekul air berubah mengikuti informasi yang kita sampaikan. Dalam penelitiannya, Emoto menuangkan air ke dalam dua botol kaca dan masing-masing diberi label ‘terima kasih’ dan “kamu bodoh’. Air di dalamnya ternyata membacanya. Foto air yang diambil Emoto memperlihatkan botol yang dilabeli ‘terima kasih’ berisi molekul-molekul berbentuk kristal heksagonal yang indah, sedangkan yang dilabeli ‘kamu bodoh’ berisi molekul-molekul kristal yang pecah dan rusak.

Kita seringkali menggunakan air tanpa memerhatikannya. Emoto menganjurkan kita untuk berpikir positif sehingga ketika kita mandi atau minum maka air yang kita gunakan akan berisi energi positif yang membuat kita lebih sehat. Selalulah bersyukur dan berdoa ketika kita akan menggunakan air.

2. Jumlah dan kualitas air berkaitan erat dengan kesehatan tubuh

Kesehatan fisik terkait erat dengan jumlah dan kualitas air yang kita ambil. Air terlibat dalam semua fungsi tubuh. Air mengangkut nutrisi ke dalam dan keluar dari sel, menghapus racun, dan diperlukan untuk pencernaan, peredaran darah, dan fungsi pembuangan limbah. Air mengalir terus-menerus di seluruh tubuh sehingga harus sering diganti agar tetap murni. Asupan air harus murni agar tidak menambah beban racun di tubuh kita, yang sudah diperburuk oleh polusi lingkungan, makanan sintetis, rokok, dll.

Dehidrasi adalah masalah umum yang sering terjadi tanpa disadari sampai terlambat. Dehidrasi akut merupakan penyebab umum keluhan seperti sakit kepala, kram otot, sembelit, mulas dan kelelahan. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit kronis, batu ginjal, kolesterol tinggi, penurunan kemampuan untuk membersihkan racun dari tubuh, penyakit autoimun, tekanan darah tinggi, sakit leher dan punggung, asma, alergi, dan artritis.
3. Jumlah dan kualitas air berkaitan erat dengan kesehatan jiwa
Bila kesehatan fisik menurun maka kesehatan emosional dan mental juga akan menurun. Penyakit emosional seperti stres dan depresi sering terkait dengan dehidrasi. Menurut Dr F Batmanghelidj MD, dalam bukunya, “”Your Body’s Many Cries For Water”, ada hubungan yang sangat erat antara stres sosial – ketakutan, kecemasan, rasa tidak aman, masalah emosional dan sengketa perkawinan – dengan depresi yang disebabkan oleh kekurangan air hingga pada titik yang memengaruhi jaringan otak. Dia menekankan bahwa lebih dari 85% otak kita terdiri dari air dan, di samping oksigen, air adalah unsur terpenting bagi otak untuk berfungsi dengan baik. Air adalah nutrisi utama untuk semua fungsi otak, termasuk penyampaian informasi. Hidrasi yang baik membantu kita berkonsentrasi, merasa bahagia dan melakukan semua fungsi otak dengan sebaik-baiknya.
4. Air yang berkualitas baik sangat penting untuk kesehatan Anda.
Kebanyakan air PAM diolah dari air baku yang berasal sungai. Air itu telah melewati banyak proses penggunaan di rumah tangga, pertanian atau industri. Setelah diproses dengan tangki pengendapan, filtrasi dengan penyaring dan kemudian pelarutan bahan-bahan kimia, air baku kemudian menjadi air PAM yang “aman” untuk konsumsi manusia.

Banyak mineral dan bahan kimia yang ditambahkan untuk memurnikan air, termasuk fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi, klorin untuk membunuh kuman, dan mungkin juga kalsium hidroksida atau zat alkali lain untuk mengubah pH (keasaman) air sehingga tidak menimbulkan korosi pipa. Zat-zat ini tidak hanya berpotensi bahaya bagi tubuh kita, tetapi juga mungkin tidak menghapus semua zat pencemar seperti limbah hewan, pupuk, insektisida, serta bahan kimia dan limbah industri.

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, air alami di permukaan atau bawah tanah adalah pilihan terbaik asalkan sudah teruji kualitasnya. Untuk penduduk kota, banyak produk air kemasan saat ini yang memberikan alternatif lebih baik dibandingkan air PAM atau air sumur yang mungkin tercemar. Bila Anda memiliki anggaran yang cukup, Anda juga dapat menggunakan perangkat pemurni air di rumah yang menyediakan air sehat tidak hanya untuk minum, tetapi juga untuk memasak dan mencuci makanan.

5. Tubuh Anda memberi banyak sinyal bila Anda kurang cairan

Ketika tubuh kurang hidrasi, otak memberi sinyal rasa haus, namun kesibukan seringkali membuat kita mengabaikannya. Anda dapat mengalami dehidrasi akut atau kronis tanpa menyadarinya. Karena air adalah sumber utama pembentukan energi dalam tubuh, merasa lelah tanpa alasan adalah sinyal lain dari tubuh bahwa Anda harus menambah cairan. Cara termudah untuk melihat apakah kebutuhan air tubuh kita tercukupi adalah melalui sinyal lain, yaitu warna urin. Anda disebut cukup hidrasi bila warna urin Anda kekuningan seperti bensin. Ingatlah hal ini, dan periksa urin Anda secara teratur.

ATURAN MINUM AIR PUTIH YANG BENAR:

Banyaknya anjuran-anjuran yang berbeda mengenai jumlah kecukupan asupan air putih perhari mungkin telah membuat kita bingung. Lalu anjuran minum air putih yang benar itu seperti apa sih?
Minumlah air putih secukupnya, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Yang dikatakan terlalu berlebihan itu yang bagaimana sih?

1.    Terkait dengan berbagai macam dampak fatal yang terjadi pada para perlari maraton akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum hanya pada saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh juga dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang kurus.

2.    Jika kita sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, itu bukan berarti semua kebutuhan air yang diperlukan tubuh kita harus berasal dari air putih. Dua liter air yang dianjurkan tersebut bisa juga termasuk dari makanan yang banyak mengandung air, atau minuman lain misalnya sup, air susu, sari buah, atau jenis makanan dan minuman lainnya yang mengandung air.
3.    Aturan minum 2 liter perhari berlaku bagi orang sehat. Sementera untuk penderita ginjal, tentulah harus dibatasi.  Orang yang menderita sakit ginjal tidak boleh minum air putih terlalu banyak, karena akan semakin memperberat kerja ginjalnya.

4.    Minumlah air putih secara bertahap, jangan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, 1 gelas air setelah bangun tidur, kemudian dilanjutkan 1 gelas sebelum dan sesudah sarapan, 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur. Namun ternyata masih banyak orang yang salah kaprah tentang anjuran minum air putih ini. Karena ingin mencukupi kebutuhan air untuk tubuh, mereka umumnya minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu. Dampak terlalu banyak minum air putih dalam satu waktu akan kita bahas dibawah.

5.    Kebutuhan air per hari untuk tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Untuk itu, minumlah secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Minumlah saat Anda merasa haus, karena haus dan dahaga adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh kita membutuhkan minum.

6.    Selain haus, Anda juga bisa mengetahui kecukupan jumlah cairan bagi tubuh lewat warna air seni (kencing). Bila air seni berwarna kuning cerah/bening dan jumlahnya banyak, itu berarti kebutuhan cairan tubuh cukup baik dan sudah terpenuhi. Sedangkan jika warna air seni berubah menjadi lebih gelap (kuning tua/oranye) dan jumlahnya sedikit, itu berarti kebutuhan cairan tubuh masih belum terpenuhi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar